Survei Rumah Tangga Petani-Pengolah Sagu

Pelaksanaan penelitian dengan tema sistem pertanian-pangan sagu tahap pertama tahun ini dimulai dengan survei runah tangga petani-pengolah sagu. Desain kusioner merupakan salah satu kegiatan inti yang perlu mendapat perhatian serius, untuk memastikan setiap pertanyaan yang tercantum dalam kuisioner dapat memberikan informasi yang diinginkan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Survei Rumah Tangga Petani-Pengolah Sagu melibatkan 10 orang enumerator (tenaga pencacah) yang berasal dari mahasiswa Prodi Agrbisnis dan Prodi Ilmu Pemerintahan UM Kendari. Untuk memastikan adanya persamaan presepsi dan pemahaman enumerator terhadap setiap pertanyaan yang tercantum dalam kuisioner dilakukan pelatihan tenaga pencacah sebelum pelaksanaan survei.

Pelatihan tenaga pencacah tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2022. Setiap pertanyaan dibahas satu-persatu agar mahasiswa benar-benar memahami maknanya dan mampu mengemukakan dan memformulasikan dengan bahasa yang sehari-hari yang lebih informal dan mudah dikomunikasikan kepada masyarakat. Tenaga pencacah juga diajarkan bagaimana mengambil sampel secara random dari daftar populasi yang diperoleh dari lokasi penelitian.

Survei ini akan berlangsung selama 1 bulan (Agustus - September) di Desa Kosebo dan Desa Mataiwoi, Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan dan Desa Labela dan Desa Puulowaru, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe. Total jumlah responden sebanyak 255 orang.

========================

Catatan penting yang menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan survei adalah pemberian kompensasi waktu (bahan kontak) yang diluangkan responden untuk mengikuti kegiatan survei.  Waktu memiliki nilai penting bagi responden yang bisa digunakan bekerja atau ikut serta dalam kegiatan survei.  Penghargaan atas waktu yang diberikan untuk mendorong petani-pengolah bersedia berparstipasi aktif dalam kegiatan penelitian.

Blogs

Pelatihan Dinamika Kelompok dan Pengembangan Kelembagaan Kelompok Budidaya Kepiting Bakau

Ada perdebatan dan canda tawa di kelas kami

Catatan kecil dari ESP Teacher's Training Series

Agribusiness Marketing Game